Kamis, 22 Januari 2009

Keajaiban MADU


Tahukah Anda..?? Sesungguhnya apa yang terkandung didalam MADU ?.

Keajaiban MADU.
Madu tersusun atas beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari. Di samping itu, dalam madu terdapat pula sejumlah kecil tembaga, yodium, dan seng, serta beberapa jenis hormon.

Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina. Konferensi tersebut membahas pengobatan dengan menggunakan ramuan yang berasal dari madu.

Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari, dan propolis dapat mengobati berbagai penyakit. Seorang dokter Rumania mengatakan bahwa ia mengujikan madu untuk pengobatan pasien katarak, dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh total. Para dokter Polandia juga menyatakan dalam konferensi tersebut bahwa resin lebah dapat membantu penyembuhan banyak penyakit seperti wasir, masalah kulit, penyakit ginekologis, dan berbagai penyakit lainnya.

Dewasa ini, apikultur dan produk lebah telah membuka cabang penelitian baru di negara-negara yang sudah maju dalam hal ilmu pengetahuan.


Manfaat madu lainnya dapat dijelaskan di bawah ini:

Mudah dicerna: Karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadi gula lain (misalnya fruktosa menjadi glukosa), madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walau memiliki kandungan asam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.

Rendah kalori: Kualitas madu lain adalah, jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah. Walau memberi energi yang besar, madu tidak menambah berat badan.

Berdifusi lebih cepat melalui darah: Jika dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit. Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.

Membantu pembentukan darah: Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah. Lebih jauh lagi, ia membantu pembersihan darah. Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis.

Membunuh bakteri: Sifat madu yang membunuh bakteri disebut "efek inhibisi". Penelitian tentang madu menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali lipat bila diencerkan dengan air. Sungguh menarik bahwa lebah yang baru lahir dalam koloni diberi makan madu encer oleh lebah-lebah yang bertanggung jawab merawat mereka-seolah mereka tahu kemampuan madu ini.

Royal jelly: Royal jelly adalah zat yang diproduksi lebah pekerja di dalam sarang. Zat bergizi tinggi ini mengandung gula, protein, lemak, dan berbagai vitamin. Royal jelly digunakan untuk menanggulangi masalah-masalah yang disebabkan kekurangan jaringan atau kelemahan tubuh.

Jelaslah bahwa madu, yang diproduksi jauh melebihi jumlah kebutuhan lebah, dibuat untuk kepentingan manusia. Dan telah jelas pula bahwa lebah tidak dapat melakukan tugas-tugas yang sedemikian sulit "dengan sendirinya".


Madu - Obat penyakit

MADU begitu sinonim dalam kehidupan masyarakat Melayu. Kebiasaannya, masyarakat Melayu mempercayai bahawa madu adalah penyembuh bagi pelbagai jenis penyakit, terutamanya yang berkaitan dengan masalah kelamin atau seksual.

"Mereka yang mengetahui khasiat madu akan menggunakannya secara rutin. Hal ini bukan hanya teori tetapi telah dibuktikan daripada beberapa kajian yang dilakukan."

"Madu juga seringkali digunakan untuk sampingan sarapan agar tenaga segera siap digunakan dalam menjalankan kerja harian."

"Selain itu, mereka yang mau melakukan diet yang sehat, menggunakan madu adalah satu langkah yang baik dan aman."

Dalam pengoabatan tradisional, madu dimanfaatkan untuk menahan luka-luka terbakar pada kulit.

Jika disapukan madu, akan dapat mengurangkan kesakitan sengatan dan mencegah pembentukan lepuh (melecur) dan amat cepat menyembuhkan bahagian yang terbakar.

Penggunaan madu juga bisa menyembuhkan batuk dan mencegah kekejangan pada otot tubuh, khususnya pada bagian kaki.

Di samping itu, banyak lagi penyakit yang bisa disembuhkan dengannya, misalnya hidung tersumbat dan anak-anak yang .

Sementara seorang doktor yang berasal dari Rumania mengatakan, bahawa beliau mencoba menggunakan madu untuk mengobati pasien katarak, hasilnya, 2002 dari 2094 pasiennya sembuh sama sekali.

Para doktor dari Polandia juga mengatakan bahawa getah lebah dapat membantu menyembuhkan banyak penyakit seperti buasir, penyakit kulit, penyakit gynecology dan pelbagai penyakit lainnya.

Dibawah ini adalah beberapa resep pengobatan dengan menggunakan Madu yang Penulis kutip dari Kapanlagi.com dan blog sobat kita msdewi.dagdigdug.com, yang mungkin bermanfaat buat Anda :
  1. Mengatasi kerontokan rambut : dengan menggunakan minyak zaitun panas + 1 sdm madu + 1 sdt kayu manis bubuk, dioleskan ke kepala, diamkan sekitar 15 menit lalu basuh. Bahkan katanya didiamkan 5 menitpun, sudah cukup efektif.
  2. Infeksi kandung kemih : campurkan 2 sdm bubuk kayu manis + 1 sdt madu ke dalam segelas air suam-suam kuku, kemudian minum. Gunanya membunuh kuman-kuman di dalam kandung kemih
  3. Sakit gigi : campurkan 1 sdt bubuk kayu manis + 5 sdt madu
  4. Kolesterol :2 sdm madu + 3 sdt bubuk kayu manis + 16 ounce (16 kali 28 gram kitra-kira 1 pon = 454 gram) air teh. Ramuan ini dapat menurunkan kolesterol darah sampai 10 persen dalam 2 jam. Madu murni yuang diminum sehari-hari meringankan gangguan kolesterol.
  5. Pilek : gunakan 1 sdm madu suam-suam kuku + 1/4 sdt bubuk kayu manis, setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat mengobati batuk dan pilek kronis, juga membersihkan sinus.
  6. Mandul : 2 sdm madu yang dikonsumsi secara teratur sebelum tidur berefek menyuburkan. Mengkonsumsi bubuk kayu manis berguna juga untuk memperkuat rahim. Bagi yang sulit hamil, mungkin dapat diciba mengoleskan madu dan 1 sdt bubuk kayu manis pada gusinya, sehingga nanti akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh.
  7. Sakit perut : Campuran madu dan kayu manis selain mengobati sakit perut, juga membersihkan perut dan mengobati bisul sampai ke akar-akarnya.
  8. Kembung : campuran madu dan kayu manis dapat mengurangi gas di dalam perut, ini katanya sudah dibuktikan oleh penelitian di India dan Jepang.
  9. Bau napas : 1 sdt madu ditambah bubuk kayu manis yang dicampur dengan air panas, dapat membuat napas segar sehari penuh.
  10. Sakit kepala karena sinus : dapat disembuhkan dengan meminum campuran madu dan jus jeruk.
  11. Kelelahan : Segelas air + 1/2 sdm madu ditaburi bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitalitas tubuh. Diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan sekitar jam 3 di saat vitalitas tubuh menurun.
  12. Kanker: Minum 1 sdm madu + 1 sdt madu setiap hari selama 3 bulan. Kanker perut dan tulang stadium lnjut dapat disembuhkan dengan ramuan ini, dan telah dibuktikan melalui riset di Jepang dan Australia.
  13. Kelebihan berat badan : caranya minum secara teratur segelas air yang direbus bersama dengan madu dan bubuk kayu manis setiap pagi 1/2 jam sebelum makan atau perut dalam keadaan kosong. Sangat berguna bahkan untuk orang yang sangat gemuk. Ramuan ini untuk menghindari lemak terakumulasi di dalam tubuh.
  14. Influenza : Madu sudah dibuktikan oleh ilmuwan Spanyol dapat membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka minumlah madu, ketika terasa akan flu.
  15. Jerawat : sebelum tidur, oleskan 3 sdm madu + 1 sdt bubuk kayu manis pada wajah. Jika rutin dilakukan selama 2 minggu, dapat menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.
  16. Infeksi kulit: ambil satu bagian madu dan satu bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang sakit
  17. Mencegah penuaan : Rebus 3 cangkir air + 4 sdm madu dan 1 sendok bubuk kayu manis, minum sebanyak 4 kali sehari, dapat menjadikan kulit segar halus, dan mencegah penuaan.
  18. Arthritis (radang sendi/encok): campurkan 1 bagian madu dan 5 bagian air, ditambah 1 sdt kecil bubuk kayu manis, pijatkan ke bagian yang sakit secara perlahan. Atau untuk penderita arthritis, dapat meminum campuran secangkir air panas + 1 sendok madu + 1 sdt kecil bubuk kayu manis setiap hari, pagi dan malam.
  19. Penyakit jantung : Madu dan kayu manis dapat mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri dan mengurangi resiko serangan jantung, juga memperlancar pernapasan dan m emperkuat detak jantung. Bisa caranya dengan mengoleskan campuran madu dan kayu manis pada roti di saat sarapan setiap harinya.
  20. Tekanan Darah Rendah : Kalo tekanan darah (rendah) kita sedang drop banget, campurkan 1 sendok makan madu + 3 sendok makan air putih, minum setiap pagi, 5 hari berturut-turut. Sangat membantu. Kenapa dicampur air ? Supaya peningkatan kadar gula darah nya gradual.

Dikutip dan dirangkum dari berbagai sumber yang kompeten; kapanlagi.com, msdewi.dagdigdug.com dan berbagai website luar negeri.
Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, berbagilah informasi ini dengan teman dan saudara Anda melalui Share Link Media Sosial di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar