Jumat, 23 Januari 2009

Tips Memilih Sepatu CANTIK dan SEHAT

Sepatu yang cantik belum tentu sehat buat kaki Anda. Padahal, fungsi alas kaki tak cuma sebagai aksesori pelengkap penampilan. Ia juga harus terasa nyaman di kaki karena dapat mempengaruhi kesehatan kaki, tulang, dan tubuh secara keseluruhan.

TANPA HAK
Risiko Kesehatan:
Tanpa bantalan yang memadai atau tanpa pendukung telapak kaki, sepatu rata dapat menyebabkan sakit pada tumit yang disebut plantar fasciitis dan dapat menyebabkan achilles alias kaku pada otot.

Cara Mengatasi:
1. Hindari jalan jarak jauh.
2. Tambahkan bantalan agar kaki tidak terlalu rata atau pilih sepatu bertumit rata dengan tinggi tidak lebih dari 1 inci untuk mengurangi tekanan pada punggung kaki.

SEPATU SANDAL
Risiko Kesehatan:
Walaupun sepatu sandal membuat kaki bergerak secara alami, otot kaki yang digunakan untuk menggenggam sepatu dapat membuat telapak kaki kaku.

Cara Mengatasi:
1. Pilih sepatu sandal yang nyaman dipakai yaitu sepatu dengan tali pengikat yang sesuai dengan jari telunjuk kaki Anda.
2. Bila terlalu kendur atau terlalu kencang, akan menimbulkan rasa sakit pada kaki. Setel tali pengikat dengan benar.

TUMIT TINGGI
Risiko Kesehatan:
Tumit mengangkat berat badan Anda ke depan sehingga membuat lutut bekerja keras. Hal ini dapat membuat lelah tulang rawan yang merupakan faktor pendukung penyakit osteoarthritis. Tumpuan pada jari kaki juga dapat menimbulkan rasa sakit.

Cara Mengatasi:
1. Pilih sepatu bertumit rendah.
2. Hindari memakai sepatu dengan tumit yang runcing selama lebih dari beberapa jam. Bila terpaksa harus memakainya, tambahkan bantalan di telapak kaki.

UJUNG MERUNCING
Risiko Kesehatan:
Model sepatu runcing menyebabkan jari-jari kaki saling berdempetan dan hal ini dapat membuat kuku jari kaki masuk ke bagian dalam yang dikenal dengan sebutan hammertoe. Selain itu, pembengkakan ibu jari dan penebalan kulit jari kaki (kapalan) kerap terjadi.

Cara Mengatasi:
1. Pilih yang lebar di bagian depan untuk memberi ruang pada jari-jari kaki.
2. Disarankan membeli sepatu di sore hari, pada saat kaki sedang mengembang untuk meyakinkan Anda memilih ukuran yang tepat.

PANTOFEL
Risiko Kesehatan:
Sepatu pantofel bertumit tinggi berisiko memberi tekanan pada lutut dan telapak kaki, sama halnya dengan sepatu bertumit tinggi.
Cara Mengatasi:
Pilih telapak sepatu yang padat dan yang bertumit rendah untuk menyelaraskan gerakan kaki yang berpengaruh pada berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar