Rabu, 11 Februari 2009

Penuaan biologis ditunda oleh fitness aerobic

Menurut analisis yang dipublikasikan dalam British journal of Sport Medicine, dengan mempertahankan fitness aerobic sampai usia pertengahan dan meneruskan gaya hidup ini sampai usia tua, orang dapat menunda umur biologisnya sampai 12 tahun.
Olahraga aerobic meningkatkan konsumsi oksigen tubuh yang diperlukan untuk membangkitkan energi melalui proses metabolisme. Contoh olahraga aerobic adalah jogging dan bersepeda. Namun demikian, kekuatan aerobic maksimum seseorang diprediksikan mulai turun pada awal usia pertengahan sekitar 5mL/kg/menit setiap decade. Pada Pria biasa usia 60 tahunan, kekuatan aerobic maksimal akan menurun menjadi 25mL/kg/menit, hampir setengah pada usia 20 tahun. Jika kemampuan turun dibawah 18 mL/kg/menit (pada pria) atau 15 mL/kg/menit (pada wanita), akan sangat sulit untuk melakukan aktivitas harian tanpa kelelahan berat.

Namun, menurut bukti yang ditunjukan dalam artikel diatas, olahraga aerobic rutin dapat mencegah atau membalikan penurunan ini. Artikel ini mengkombinasikan data dari banyak sumber berbeda-beda untuk menyimpulkan bahwa dengan peningkatan kapasitas aerobic, penuaan biologis seseorang dapat diperlambat.

Secara khusus, penelitian menunjukan bahwa olahraga aerobic intensif tinggi jangka panjang, meningkatkan kekuatan aerobic maksimum sebesar 25 %. Ini setara dengan perolehan 6 mL/kg/menit atau diekstrapolasi menjadi 10-12 tahun biologis.

Penulis mengindikasikan bahwa ini merupakan harapan bagi para orang tua. Tampaknya ada cukup bukti bahwa mempertahankan asupan oksigen maksimal akan meningkatkan kehidupan, sehingga para lanjut usia sehat tetap dapat mandiri. Efek positif lainnya dapat menurunkan resiko penyakit serius, waktu pemulihan lebih singkat setelah cedera atau sakit dan menurunkan resiko terjatuh dengan mempertahankan kekuatan otot, keseimbangan dan konsentrasi.

( sumber Br. J Sport Med 2008 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar