Sabtu, 27 Juni 2009

Penyakit Gusi Picu Resiko Lain


Penyakit Gusi Picu Resiko Lain;
Jangan memandang remeh penyakit pada gusi anda. Saran itu coba disampaikan oleh seorang ahli kesehatan gigi dari Cambridge, Jean Connor. Menurutnya seseorang yang terkena penyakit gusi akan berisiko terkena penyakit lainnya seperti penyakit jantung, diabetes ataupun infeksi darah.

Buruknya kesehatan mulut diperkirakan akan menjadi ancaman terjadinya penyakit pada gusi termasuk kerusakan pada gigi yang akan membuat ancaman bakteri meluas keseluruh tubuh.

Bakteri yang berada dimulut itulah diyakini bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung, diabetes, infeksi saluran darah termasuk membuat berat badan bayi selalu dibawah normal.

Menurut Jean Connor, tubuh memiliki kompromi yang rendah saat bakteri melebarkan seranganya.

Penyakit gusi yang disebut juga dengan `periodontal disease` biasanya akan berdampak secara meningkat pada kesehatan secara umum. Selain ancaman infeksi pada darah, penyakit gusi dikuatirkan akan membuat bakteri bisa memperkecil sistem kekebalan tubuh. Peyakit gusi biasanya menghasilkan sejumlah bakteri,' jelas Connor. "Jika anda mengalami masalah dengan denyut jantung maka kemungkinan bakteri dari gusi itu telah sampai pada jantung,' tambah Connor.

Selain jantung, hubungan antara penyakit gusi dengan diabetes juga meningkat dimana diperkirakan para penderita diabetes biasanya memiliki penyakit pada gusi. Penelitian lain juga menyebut bahwa para ibu hamil yang mengalami penyakit gusi akan memiliki resiko dua kali lebih tinggi untuk melahirkan bayi dengan berat badan dibawah normal. Penyakit gusi bisanya disebabkan oleh terjadinya penjamuran pada gigi dan menjadi penyebab utama tanggalnya gigi diusia remaja.

Sebagai pencegahanya selain sering menggosok gigi adalah :
  • Mengurangi cemilan dan memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat.
  • Jika terserang penyakit gusi, seseorang sebaiknya tidak berbagi minuman dalam gelas yang sama termasuk tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Jangan lupa untuk berhenti merokok dan minuman beralkohol karena merokok bisa menaikkan resiko sampai 7 kali terkena penyakit gusi.


Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, berbagilah informasi ini dengan teman dan saudara Anda melalui Share Link Media Sosial di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar