Rabu, 01 Juli 2009

13 Manfaat dan Khasiat ASPARAGUS Untuk Kesehatan


13 Manfaat dan Khasiat ASPARAGUS Untuk Kesehatan ;
Asparagus mengandung alkali yang dikenal sebagai asparagine. Alkali ini terdapat di dalam tanaman hidup. Mengandung prinsip hidup yang kalau tanpa zat itu tanaman ini tidak akan dapat bertumbuh dan hidup. Alkaloid asparagus itu mengandung unsur-unsur karbon, hidrogen, nitrogen dan oksigen. Di samping itu asparagus mengandung silikon, fosfor, potassium, sodium, mangan, clan zat besi.

Kalau asparagus itu dimasak, khasiat alkaloid itu berkurang, karena unsur hidrogen dan oksigen yang di dalamnya itu menghilang, dan unsur-unsur lainnya pun ikut rusak. Selain hilangnya unsur-unsur gizinya, asparagus yang dimasak cenderung akan mengganggu ginjal.

Dicampur dengan sari wortel, sari asparagus itu berfungsi sebagai diuresis atau melancarkan keluarnya air kemih, namun pemakaiannya janganlah terlalu banyak, bahkan ada bagusnya kalau selalu dicampur dengan sari wortel, karena mengandung zat pembersih yang kuat terlebih terhadap ginjal.
Oleh karena sari asparagus ini dapat menghancurkan zat asam-oxalat di dalam ginjal dan di dalam jaringan-jaringan otot, maka akan dapat juga menolong penderita rematik dan radang syaraf.


Berikut adalah 13 manfaat dan Khasiat asparagus untuk kesehatan.
  1. Kesehatan jantung
    Asparagus mengandung folat yang penting untuk kesehatan sistem kardiovaskular. Minum sedikit jus asparagus yang dicampur dengan madu tiga kali sehari dapat membantu memperkuat jantung yang lemah.
  2. Diuretik alami
    Asparagus memiliki kandungan tinggi potasium namun rendah sodium. Mineral-mineral tersebut yang dikombinasikan dengan asparagin, asam amino aktif, membuat asparagus efektif sebagai diuretik alami. Diuretik sangat berguna mengurangi pembengkakan selama pramenstruasi dan kembung. Diuretik juga membantu mengurangi iritabilitas, kelelahan, dan depresi.
  3. Kesehatan pencernaan
    Sayuran ini kaya akan mineral serta karbohidrat yang disebut inulin yang tidak bisa dicerna. Namun di dalam usus besar, inulin menjadi makanan bakteri baik seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli. Oleh karena itu, asupan inulin (asparagus) meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus besar yang mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.
  4. Mencegah lahir cacat
    Folat, sekali lagi, menjadi nutrisi kunci. Tanpa asupan folat yang mencukupi, sel-sel sistem saraf janin tidak akan berkembang optimal. Oleh karena itu, asupan asparagus membantu mengurangi kemungkinan cacat lahir seperti spina bifida dan menurunkan kemungkinan bayi lahir dengan berat badan rendah.
  5. Mengurangi keasaman darah
    Jus asparagus mampu membantu mengurangi keasaman darah serta membantu melarutkan batu ginjal.
  6. Anti inflamasi
    Asparagus mengandung fitokimia yang menghasilkan efek anti-inflamasi sehingga membantu meringankan arthritis dan rematik.
  7. Kaya serat
    Konsumsi reguler asparagus meningkatkan frekuensi buang air besar karena kaya akan serat.
  8. Kaya antioksidan
    Asparagus mengandung antioksidan yang membantu mencegah kanker dan katarak.
  9. Mengontrol gula darah
    Asparagus membantu mengontrol kadar gula darah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.
  10. Membantu kemoterapi
    Asparagus mempertinggi tingkat keberhasilan kemoterapi.
  11. Agen detoksifikasi
    Asparagus merupakan agen detoksifikasi dan mampu mencegah infeksi saluran kemih.
  12. Meningkatkan produksi ASI
    Asparagus baik untuk ibu menyusui dan membantu produksi susu.
  13. Meringankan berbagai penyakit
    Membantu mengobati HIV dan multiple sclerosis serta mencegah penyakit kudis dan kanker paru-paru

referensi : amazine.co, Majalah kesehatan dalam dan luar negeri.

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, berbagilah informasi ini dengan teman dan saudara Anda melalui Share Link Media Sosial di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar