Rabu, 01 Juli 2009

Manfaat dan Khasiat Seledri ( Celery ) Bagi Kesehatan Tubuh.


Manfaat dan Khasiat Seledri ( Celery ) Bagi Kesehatan Tubuh;
Seledri (Apium graveolens L.) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan.(sumber- wikipedia)
Celery ini mengandung empat kali lebih banyak sodium organik dibanding dengan kalsium. Di samping itu celery mengandung potassium, belerang dan magnesium. Di dalamnya juga terdapat vitamin-vitamin A, B, C dan E. Dengan banyaknya sodium organis di dalam seledri membuatnya minuman yang dapat membersihkan sisa-sisa makanan gula, kanji, roti putih, kue-kue, serta makanan yang tergolong di dalam karbohidrat pekat. Dengan bantuan sodium organis pada seledriitu, maka sisa-sisa makanan yang telah mengeras dan menumpuk itu dapat dihancurkan dan dikeluarkan dari dalam tubuh.

Pada musim panas, dengan minum satu gelas sari seledri di pagi hari dan satu gelas lagi di siang hari, akan dapat mengatur suhu badan tetap normal dan membuat perasaan segar. Selain itu, celery adalah merupakan penguat urat saraf dan pembuang karbondioksida dari tubuh.

Sayuran berdaun hijau selalu baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah seledri. Baik daun, batang, maupun akar seledri menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.
Selain dikenal sebagai sayuran penambah aroma masakan, daun seledri juga dikenal sebagai tanaman obat.
Berikut adalah manfaat kesehatan dari daun seledri:
  1. Seledri merupakan sumber vitamin A dan juga zat besi lainnya seperti zat besi, kalium, dan mineral.
  2. Seledri merupakan tanaman herbal yang sangat rendah kalori. Daun seledri hanya berisi 16 kalori per 100 g dan mengandung serat non larut , yang bila dikombinasikan dapat menurunkan berat dan kadar kolesterol dalam darah.
  3. Sumber yang kaya antioksidan flavonoid seperti zea xanthin, lutein, dan beta karoten, yang berfungsi sebagai pelindung tubuh, meningkatkan imunitas tubuh dan pencegahan kanker.
  4. Seledri mengandung asam folat, riboflavin, niasin, dan vitamin C, yang sangat penting untuk metabolisme yang optimal.
  5. Banyak sayuran yang akan kehilangan vitaminnya setelah dimasak. Namun seledri berbeda. Kandungan vitamin seledri akan tetap utuh sebesar 80% walaupun telah dimasak.
  6. Seledri bermanfaat untuk para atlet, karena nutrisi seledri dapat mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang.
  7. Apabila Anda merasa gerah karena sinar matahari, Anda dapat mendinginkan tubuh dengan jus seledri.
  8. Seledri dapat mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan manis dan makanan yang dapat membuat berat badan tubuh Anda bertambah.
  9. Seledri dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga agar ginjal Anda tetap berfungsi dengan baik.
  10. Seledri mencegah pembentukan batu di kantung empedu dan juga dapat menghindarkan Anda dari sembelit.
  11. Seledri juga baik untuk menghindarkan Anda dari kanker perut.
  12. Seledri akan menenangkan sistem saraf Anda dan juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi.
  13. Akar seledri efektif untuk mengembalikan nafsu makan Anda yang hilang.

Manfaatkan Seledri Untuk Rambut Cantikmu.
Bagi Anda yang merasa rambutnya kurang sehat, kusam dan patah-apatah, Anda bisa memanfaatkan Seledri ini untuk mengatasinya. Saat ini masalah rambut rontok juga sudah menjadi momok yang menakutkan, hal ini barang kali dipicu oleh pemakaian shampo atau minyak rambut yang gonta ganti, termasuk pemakaian spray untuk pengeras rambut dan lain-lain. Hal itu semua sangat berpengaruh terhadapa masalah kerontokan rambut yang berakibat pada kebotakan.

Bisa saja sih Anda pergi ke salon atau tempat perawatan rambut untuk mengatasinya, namun tentunya Anda juga harus siap dengan biaya yang lumayan menguras isi dompet. Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak biaya, barang kali bisa memanfaatkan Seledri untuk mengatasi masalah-masalah diatas.

Berikut langkah-langkahnya :
  • siapkan sekiranya 10 tangkai daun seledri kemudian haluskan.
  • Keramaslah seperti biasa, setelahnya gosokkan seledri yang dihaluskan tersebut pada rambut hingga merata.
  • Pijatlah dengan lembut rambut agar meresap pada kulit kepala. Kemudian diamkan selama sejam dengan menggunakan shower cap atau topi pembungkus.
  • Bilas hingga bersih rambut setelah satu jam.
  • Lakukan seminggu dua kali untuk perawatan untuk hasil yang maksimal.

Walaupun kecil, ternyata seledri mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Jangan ragu untuk mengonsumsi seledri untuk kesehatan Anda

Refrensi : Merdeka.com, Manfaat.com,magforwomen.com, lifestyle.com, healthyfood.com dan sumber lain yang kredibel.
Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, berbagilah informasi ini dengan teman dan saudara Anda melalui Share Link Media Sosial di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar