Kamis, 02 Juli 2009

Mengenali Tangisan Bayi

Mengenali tangisan bayi; 
Satu-satunya cara bayi baru lahir berkomunikasi dengan Ibu adalah lewat tangisan. Memang sulit mengetahui apa keinginan bayi. Karena ia belum bisa bicara. Kesabaran Ibu untuk mempelajari penyebabnya, akan membuat Ibu tahu bagaimana mengatasinya.

Penyebab paling umum bayi menangis adalah:
  • Lapar
  • Popoknya kotor atau basah
  • Butuh perhatian
  • Demam
  • Bosan
  • Temperature kamar yang terlalu dingin atau terlalu panas, sehingga ia tidak nyaman. Suhu ruangan yang nayamn untuk bayi adalah 26 - 28 oC. Suhu tubuh bayi yang baik adalah 37oC.
Alasan lain menangis
Jika hal di atas sudah Ibu penuhi tetapi bayi tetap menangis, mungkin ia mengalami kolik atau juga ruam popok. Cobalah berikan ASI, atau pijat perlahan perutnya searah jarum jam. Jika ia ruam popok, bukalah popoknya dan biarkan terbuka bagian yang ruam tersebut. Ibu juga bisa mengoleskan krim khusus untuk mengurangi rasa gatal atau perih.

Kolik
Kolik normal dialami bayi. walau penyebabnya belum diketahui. Jika bayi Ibu terkena kolik, mereka akan merasa tidak nyaman, perutnya mulas. Tangisan mereka mungkin akan lebih melengking dari biasanya. Ibu bisa membaca lebih lanjut tentang kolik dan cara meringankannya disini.

Ruam Popok
Ruam popok adalah kondisi kulit yang kering atau iritasi. Ini bisa disebabkan oleh amoniak dari popok yang kotor atau alkohol yang ada pada tisu basah., Keadaan itu tidak nyaman bagi bayi sehingga wajar bila bayi menangis. Ketahui cara mengatasi ruam popok agar bayi Ibu merasa jauh lebih nyaman.

Jika Ibu sudah memastikan tidak ada alasan di atas yang menyebabkan bayi Ibu menangis tapi Ibu masih khawatir, konsultasikan ke dokter anak Ibu atau Hubungi Tim Ahli kami dan kami akan coba membantu.


Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, berbagilah informasi ini dengan teman dan saudara Anda melalui Share Link Media Sosial di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar