Rabu, 01 Juli 2009

Topeng Kehamilan, Sesst.. Apa Itu?

Hormon- hormon selama hamil juga berperan menimbulkan rasa nyeri dan meningkatkan kepekaan payudara yang menghilang dengan sendirinya pada usia kehamilan empat bulan. Hormon-hormon itu juga menyebabkan timbulnya topeng kehamilan ( chloasma ) yaitu perubaham pigmen pada wajah.

Di beberapa bagian tertentu kulit akan berwarna semakin gelap seperti di putting payudara dan daerah genital. Juga timbul garis dari pusar ke arah kemaluan, yang akan semakin hitam seiring dengan usia kehamilan. Garis ini ( linea alba ) dan beberapa perubahan pigmentasi lainnya akan menghilang berangsur – angsur setelah melahirkan.

Masalah lain yang dialami ibu hamil adalah kulit menjadi sangat berminyak atau kering. Hal ini bisa di atasi dengan diet sehat. Bila perlu dokter akan meresepkan vitamin, cairan pembersih wajah bagi kulit berminyak dan pelembab bagi kulit kering. Minum air putih juga dapat membantu kulit Anda terjaga kelembabannya dan kurangi frekuensi mandi agar kulit tidak kering.

Akibat tingginya hormon atau perubahan tekanan pada rektum juga menimbulkan konstipasi ( susah buang air besar ). Konstipasi dapat menimbulkan hemoroid, namun dapat di atasi dengan tidur di salah satu sisi, mengkonsumsi diet tinggi serat, minum air putih minimal 8 – 10 gelas dan tetap rajin olah raga.

Sering buang air kecil juga bisa menjadi masalah bagi ibu hamil akibat adanya peningkatan tekanan pada kandung kemih. Setelah mengosongkan kandung kemih Anda merasa lega. Tingkatan asupan air putih dan lakukan latihan untuk memperkuat panggul yang dianjurkan dokter. Latihan kegel juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi aliran darah ke bagian tersebut dan mengembalikan kelenturan otot sekitar vagina setelah melahirkan.

Jika Anda mengalami sakit kepala dan influenza, konsultasikan dengan dokter mengenai obat yang aman tanpa membahayakan bayi. Jangan sembarangan minum obat, karena obat-obatan tertentu dapat membahayakan bayi. Dengan petunjuk dokter, Anda juga bisa mengkonsumsi obat tradisional tanpa adanya efek samping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar